Sabtu, 16 Oktober 2010

PENGENALAN IT

Komputer itu apa sih? Kalian tahu nggak kalau menurutbahasa aslinya (bahasa Inggris) komputer berarti ‘tukang hitung”! Tidaksalah-salah amat sih kalau kalianmenyebut komputer sebagai ‘tukang hitung”. Pada awalnya memang komputerdiciptakan untuk menghitung. Lalu apa bedanya komputer dengan kalkulator. Kaliantahu juga ‘kan kalau kalkulator dipakai untuk menghitung juga. Bedanyaadalah komputer bisa diprogram untuk melakukan tugas-tugas lain, tidaksemata-mata hanya untuk menghitung. Tugas-tugas lain itu apa ? Tugas-tugas lainitu antara lain : mengolah data, menganalisa data, menyimpan data, mengirimkandatadan masih banyak lagi. Bingung ?

Supaya kamu nggak bingung,Smarty jelaskan beberapa istilah yang perlu kalian ketahui. Istilah pertamaadalah program. Program adalahsusunan perintah yang kita berikan kepada komputer untuk melakukan sesuatu.Komputer itu pada dasarnya adalah sebuah mesin yang bodoh. Dia tidak akanmelakukan apa-apa jika kita tidak memberi perintah. Tetapi komputer adalah mesinyang sangat taat pada perintah yang kita berikan. Komputer tidak dapatmembedakan mana perintah yang benar dan mana perintah yang salah. Dia akanmelakukan setiap perintah persis seperti yang kita perintahkan.
Jadi komputer berbeda dengankalian. Kalian masih bisa berpikir untuk melakukan atau tidak melakukan sebuahperintah. Kalau kalian diperintahkan untuk mencuri, maka kalian masih bisaberpikir apakah perintah itu benar atau salah. Jika perintah itu adalah perintahyang salah pasti kalian tidak akan melaksanakannya. Tetapi komputer tidak bisaberpikir ! Dia tidak tahu mana perintah yang benar mana yang salah. Pokoknya diahanya menerima perintah dan menjalankannya.
Kalian pasti berpikir, bagaimana sihcaranya memerintah komputer ? Seperti yang Smarty jelaskan di atas,perintah-perintah untuk komputer disusun dalam sebuah program. Membuat programuntuk komputer ternyata tidak gampang. Kalian harus memahami dulu bahasakomputer. Seperti kalu kalian mau memerintah orang Inggris, kalian harus tahubahasa Inggris supaya orang tadi mengerti perintahnya. Atau kalau mau memerintahorang India, kalian harus tahu bahasa India. Nah, komputer punya bahasanyasendiri. Kalian harus belajar bahasa komputer supaya bisa membuat program. Orangyang pekerjaannya membuat program komputer disebut programmer. Jika sudah besarnanti kalian bisa juga jadi programmer. Gajinya lumayan lo !
Istilah kedua yang mau Smartyjelaskan adalah data. Singkatnya dataitu adalah kumpulan informasi. Contohnya data pribadi Smarty :
Nama : Smarty
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : 1 Januari 2000
Alamat : Jl. Palmerah Barat 29-31 Jakarta

Kalian pasti punya data pribadiseperti di atas. Nah, kumpulan informasi/keterangan seperti itulah yang disebutdata. Selain data pribadi masih banyak lagi jenis data lainnya. Komputer bisakita perintahkan untuk mengolah data, menyimpan data, mengirim data, menganalisadata dan sebagainya. Karena kemampuannya itu, komputer bisa mengerjakan berbagaimacam perkerjaan tidak seperti kalkulator yang hanya bisa menghitung..Contoh-contoh pekerjaan yang bisa dikerjakan komputer :
  • Membuat dokumen, menyimpannya dan mencetaknya
  • Membuat gambar

  • Menghitung berbagai macam perhitungan

  • Berkomunikasi melalui internet

  • dan masih banyak lagi
Komputer bisa juga dimanfaatkansebagai alat untuk belajar seperti yang kalian lakukan sekarang. Dan asal tahusaja jaman sekarang komputer telah dipakai untuk banyak sekali hal. Komputerdipakai di sekolah, di kantor, di lapangan udara, di rumah sakit, pokoknya dimana-mana deh. Oleh karena itu kalianharus belajar komputer sejak masih kecil.

setela anda membaca,, silahkan anda menjawab pertanyaan " dibawah ini
Pertanyaan :
1.Apakah perbedaan komputer dan kalkulator ?
2.Apakah yang dimaksud dengan program ?
3.Apakah yang disebut data ? Berikanlah contohnya !

0 komentar:

Posting Komentar